Virus, Malware, Backdoors, Trojan, Rootkit???

www.businessnewsdaily.com

Seperti manusia, ternyata komputer dapat terserang virus pula!!!
Hehe, tentunya jenis virus yang berbeda.
Pada artikel ini, gue mencoba 'membedah' mengenai virus komputer dengan bahasa awam

Virus komputer adalah sejenis program komputer yang dibuat untuk bersembunyi/menyembunyikan aktifitas nya dan berpindah/menular dari satu komputer ke komputer lain dengan berbagai cara.
Jadi memang tipe kerjanya mirip dengan virus organik yang menyerang manusia.
Bedanya jelas, ini HANYA program komputer (yg mengganggu).

Beberapa tanya jawab (FAQ) tentang virus:

- Buat apa ya dibuat virus?
Banyak ... beberapa alasannya, ketenaran, iseng, percobaan, sabotase, penyadapan bahkan untuk meminta tebusan.

- Virus banyak menyerang OS Windows ya dibanding OS lainnya? 
Gini, karena tujuan pembuatan virus adalah agar cepat ditularkan, yang diserang adalah OS yang terbanyak dipakai. Dan yang terbanyak adalah Operating Software buatan Microsoft ini dengan judul Windows.
Jadi alasan terpenting para penyerang ini lebih berkonsentrasi pada OS Windows karena bekennya itu.

OSX pada Mac lebih jarang terserang, selain struktur nya yang baik - terbaru sudah mengacu pada OS UNIX yang dipakai minicomputer, juga tingkat sebaran OSX jauh lebih kurang dari Ms Windows. Hati2, karena OSX mulai naik daun, jenis virus yg dibuat utk menyerang nya juga sudah lebih banyak.

UNIX, walaupun jarang, ada beberapa loophole yang dipakai untuk menjebol systemnya (salah satu varian paling beken yg banyak diserang ya LINUX).

- Ada berapa jenis virus?
Beberapa jenis virus / malware yang diketahui:

* Backdoors: alias pintu belakang, dibuat agar penyerang dapat masuk ke komputer yg diserang tanpa mengetahui apa yang terjadi. Seterusnya ... terserah bapak ;)

* Trojan: dari cerita kuno Yunani. Yang gak pernah denger, silahkan googling ya, panjanggg cerita nya ...
Singkat cerita, program ini menyamar sebagai program asli/baik/dapat dipercaya, tapi ternyata didalamnya mengandung kode program untuk mencuri data/membuat backdoors dll ...
Contoh: pernah gak terima file gak jelas dari teman (yang belakangan diketahui email nya di hack).
Atau yg cukup beken, posting2 di Facebook tentang pelem bokep atau ajakan2 lain2nya.
Itu termasuk Trojan, sepertinya tidak berbahaya, mengundang, tapi bawa golok dibelakangnya ...

* Rootkit: seperti namanya, ini nempel di akar - langsung di OS nya ... susah banget hilangin nya.
Ini adalah salah satu malware tingkat tinggi, sayangnya, ada saja yang membarenginya - bahkan pada CD lagu legal yang dibeli dan disebar oleh salah satu produser lagu (katanya sih untuk melindungi hak cipta - tapi malah sebarin virus rootkit)

- Contoh paling menyebalkan dari malware/virus?
kalau dahulu kala, ada virus CIH, Melissa, ILoveYou yang legendaris ... ada juga virus bootable disk buatan anak bandung Denzuko (denny zuko?) - kebanyakan mengganggu kerja komputer ...

* keylogger ... mencatat setiap ketikan di keyboard. Gunanya ya untuk mencatat, dengan harapan, no kartu kredit tercatat, detail nama tercatat, password tercatat dll ... ntar dipakai untuk memeras

* denial of service ... penyerangan bersama. Virus disebarkan pada banyak komputer dan menunggu ... pas ada aba2, semua komputer yg sudah terjangkiti akan membuka/mengunjungi website tertentu pada waktu bersamaan. Lah maksudne? Bayangkan kalau ada ribuan bahkan jutaan komputer yang bersamaan request ke suatu web server ... sibuk dong yah ... bahkan biasanya buat tuh website down karena tidak dapat menghandle permintaan.

* ransomware ... salah satu malware yg mengerikan. beberapa setelah masuk ke komputer kita, meng-encrypt data kita (data2 kita diacak) - bisa file word excel dll. Terus doi minta tebusan kalau kita mau dapat lagi itu data.

- Cara menghindarinya?
1.  Jika ada pop-up message yg meminta data personal kita, tolak saja (walau sering terlihat dari sumber terpercaya). Lebih baik terlambat dan konfirmasi dahulu, daripada salah.

2. Jangan percaya pada iklan/program yang terkirim dengan nama seperti contoh: "Antivirus 2015 Windows 7" dll. Mending download sendiri di sumber terpercaya daripada install dari kiriman 'teman' (contoh www.download.com)

3. Jangan percaya request User dan Password dari website dll, contoh seperti Facebook, dengan account "AdministratorFB" dll ... Info seperti akan menglock account FB kita bila tidak memasukkan data dll hanya BOHONG belaka ... Hati2 ...

4. Jika merasa bahwa komputer kita terjangkit virus, MATIKAN secepatnya.

5. Gunakan komputer lain yang belum terjangkiti untuk cari jalan keluar nya ... googling ciri2 yang membuat loe curiga, biasanya banyak kok cara hapusnya di internet.

- Cara menghapus nya?
Pakai program antivirus. Kalau masih tembus, ntar ya, dicoba bahas cara mudah pada post berikutnya.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello I'm GreenThread, Photography enthusiast and technology follower. Follow me for more updated information.

0 comments:

Post a Comment

Photography: Aperture, ISO dan Shutter speed

Di artikel ini, kita bahas beberapa basic profesional photography yang perlu diketahui ya. Exposure triangle source: https://petapixel.com B...