Bordir: Jenis jahitan dan variasinya (2)


Mesin otomatis dengan beberapa perlengkapan tambahan
indiamart.com
Pada artikel ini, akan dibahas beberapa variasi bordir yg ada selain basic jahitan yang sudah dibahas di artikel sebelumnya. Bordir: Jenis jahitan dan variasinya (1)

Jenis2 variasi jahitan lainnya yg sering dipakai:

Contoh bordir aplikasi - etsy.com
- Applique/Aplikasi: Adalah cara untuk mengikat/menjahit bahan lainnya diatas bahan dasar. Biasanya jenis bordir yang digunakan untuk mengikat bahan tersebut adalah Zigzag stitch atau E stitch - tapi banyak pula menggunakan variasi lainnya seperti running stitch (dengan open edge - alias pinggiran terbuka).
Cross stitch - goldenneedledesigns.com
- Cross stitch: Jenis jahitan ini berbentuk cross / silang dengan ukuran dan bentuk yg sama bersusun, sehingga membentuk hasil yang unik.

Real Chain stitch - Mimic chain stitch
stitchpiecenpurl.com - scdeco.com

- Chain stitch: Jenis jahitan seperti rantai, pada mesin bordir, bila ingin benar2 "chain stitch" - diperlukan mesin khusus karena metoda jahitan yg berbeda - lihat gambar sebelah kiri.
Bedakan dengan bordir biasa yg berbentuk mirip chain stitch karena jenis ini adalah jahitan running biasa yg dibuat berbentuk segitiga agar mirip bentuknya - lihat gambar sebelah kanan.

Chenille embroidery / bordir handuk - digitemb.com
- Chenille / bordir handuk: Jenis jahitan ini mempunyai ketebalan tertentu sehingga tampak seperti handuk.
Untuk mesin bordir otomatis, dibutuhkan jenis mesin khusus, yg biasanya ditambahkan dari pabrik bordir.


Sequin embroidery dan jenis2 jahitan payet nya
en.alibaba.com - 

- Sequin embroidery / bordir payet: Jahitan ini menambahkan payet pada hasil bordiran. Dibutuhkan mesin khusus dan jenis payet gulungan tertentu untuk menambahkan payet tersebut. Biasanya ukuran payet yang tersedia adalah 3mm, 5mm, 7mm, 9mm.

Cording - swfcentral.com
- Cording embroidery / bordir tali: jahitan ini menyelipkan/menjahit cord / tali di tengah2 bordiran. Butuh mesin / alat khusus yang ditambahkan pada mesin standard.
Note. ada jenis lainnya disebut juga coiling embroidery, hasil nya mirip, tapi dengan teknik jahitan yg berbeda.

Tape embroidery - en.alibaba.com
- Taping embroidery / bordir dengan pita: seperti namanya, ini adalah bordir dengan menambahkan pita pada jahitan. Diperlukan mesin bordir khusus, jenis jahitan ini menghasilkan variasi bordir yg indah.

Demikian beberapa jenis variasi jahitan bordir yang dapat dijabarkan. Tentu saja teknik bordir terus berkembang dan kemungkinan jenis lainnya akan ditemukan di kemudian hari.

Untuk meng-akses halaman sebelumnya, klik disini:  Bordir: Jenis jahitan dan variasinya (1)

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello I'm GreenThread, Photography enthusiast and technology follower. Follow me for more updated information.

0 comments:

Post a Comment

Photography: Aperture, ISO dan Shutter speed

Di artikel ini, kita bahas beberapa basic profesional photography yang perlu diketahui ya. Exposure triangle source: https://petapixel.com B...