Apakah itu WiFi (penjelasan awam)

redrockettoronto.com

WiFi ... apakah itu wifi? Wireless Fidelity ...
Kita sering denger dan terbiasa mencari logo "WiFi" atau "WiFi Free" :D
Untuk pembaca umum, WiFi bisa diartikan sambungan pengganti kabel (dengan menggunakan sinyal radio) dari Handphone/tablet/laptop/notebook ke Modem (yang menghubungkan gadget kita ke internet).

Pada jaman dahulu - kira2 20 tahun lalu, semua perangkat tersambung ke Modem menggunakan kabel (LAN - ethernet dll). Kebayang kan betapa ribet nya kalau setiap HP dan laptop harus cari/bawa kabel ethernet untuk tersambung ke Modem/internet.
Dengan perkembangan teknologi, kabel tersebut perlahan2 digantikan dengan sambungan melalui sinyal radio dengan nama paten WiFi (paten dari Wi-Fi Alliance).
Nama resminya sih Wireless Local Area Network (WLAN), tapi diganti dengan nama beken Wi-Fi yang mengikuti protocol IEEE 802.11

Pada beberapa perangkat terbaru, Modem disatukan dengan WiFi router, sehingga semua nya simple dalam satu alat. Ada juga yang terpisah, Modem terhubung langsung ke ADSL line atau optical line - baru terhubung ke perangkat WiFi router (alat untuk mendistribusikan koneksi ke masing2 gadget).

Trus sering kali kalau mau beli perangkat terutama WiFi router, ada penjelasan "penting" lainnya bahwa router WiFi ini support teknologi 802.11a, b, c, g, n, bahkan ac.
Apa itu?

Lihat bagan dibawah ini (kalau bingung, skip kebawah utk penjelasan awam nya):
en.wikipedia.org

Coba lihat kolom paling kiri, itu kode teknologi nya (eh 802.11a sampai 802.11ay).
Kolom Release date, adalah tanggal pengumuman, terus Bandwidth adalah kecepatan Maximum yang disupport oleh jenis protocol itu.
Untuk lain2 nya silahkan dilihat saja, karena sangat teknikal ...

Jadi gimana, pilih yang 802.11ay kalau mau beli router WiFi?
Wah, sekarang belum umum, setelah waktu pengumuman (release date) pun, biasanya perlu beberapa waktu sampai perangkat nya sampai ke pasaran.
Untuk tahun 2015 ini, yang paling umum adalah sampai 802.11n, dengan beberapa perangkat yang lebih baru/update, sudah mendukung 802.11ac.
Dibawah 802.11ac - 802.11ad s/d 802.11ay, belum kedengaran tuh.

Oh ya, biasanya, perangkat router yang dijual akan downward compatible dengan perangkat yg hanya support versi sebelumnya. Contoh, router yang dijual 802.11n akan support gadget dengan teknologi 802.11n, 802.11g, 802.11b, 802.11a. Jadi gak usah takut beli router terlalu update, selalu bisa kompatible dengan perangkat yg lebih lama.

Trus bandwidth alias kecepatan. Dari tabel, itu adalah kecepatan Maximum secara teori. Kenyataannya, paling bagus juga kira2 setengah nya deh untuk ukur2 maksimal pada kondisi real.
Itu juga sudah cukup cepat loh, kebanyakan modem nya yg gak cukup cepat untuk support kecepatan WiFi - alias internet di negara kita seringnya dodol.

Hmm apaan ini? Penjelasan, lihat bagan sederhana:

Internet - ISP (operator) - Modem - WiFi - Gadget

Nah, untuk menyambungkan Internet ke gadget kita, ada perangkat2 ditengah yang harus dilalui.
Kalau ngerasa sambungan lelet, yang pertama perlu ditanya:
Quota/bandwidth yg kita bayar berapa? Kalau ADSL dari telkom kan ada yang 256kb, 384kb, 512kb, 1M, 3M (untuk kabel tembaga) bahkan sampai 10M (serat optik).
Nah biasanya nyumbat / bottleneck nya disono, sambungan ISP operator ke MODEM nya di tahan karena kita maunya bayar murah :))
Untuk Modem-Wifi, biasanya pakai direct cable ethernet
Teknologi WiFi 802.11b saja bisa support secara teori max 22M (kisaran 5M-10M realnya)

Jadi? Untuk 2015, perangkat router yg cocok sih max di 802.11n, walau kalau beruntung, router 802.11ac pun sudah ada yg jual murah.
Keuntungannya, seringkali teknologi lebih baru, punya keunggulan lainnya seperti lebih tahan gangguan (seperti sinyal luar lain), dan jangkauan lebih luas.

End.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello I'm GreenThread, Photography enthusiast and technology follower. Follow me for more updated information.

0 comments:

Post a Comment

Photography: Aperture, ISO dan Shutter speed

Di artikel ini, kita bahas beberapa basic profesional photography yang perlu diketahui ya. Exposure triangle source: https://petapixel.com B...